Mengapa harga perangkat catur dari Trinity ChessHouse Seolah-olah Lebih “Mahal” dibandingkan perangkat catur lain di Indonesia?

Sumber: http://us.123rf.com/450wm/iqoncept/iqoncept1305/iqoncept130500085/19587246-a-venn-diagram-illustrating-the-intersection-of-price-speed-and-quality-and-the-best-choice-for-a-pr.jpg

Menjawab pertanyaan ini sama seperti menjawab pertanyaan mengapa ada mobil yang harganya Rp. 75 juta dan ada yang Rp. 2 milyar. Atau gitar akustik ada yang harganya Rp. 250 ribu dan ada yang Rp. 60 juta. Jika anda mau mencari perangkat catur murah meriah dan diproduksi asal cepat jadi (untuk menghemat waktu Anda); kami sarankan jangan lanjutkan membaca artikel ini dan silahkan mencari ke tempat lain….



Setiap perangkat catur Trinity ChessHouse (bahkan yang entry grade) layak didisplay atau ditampikan di lobby hotel-hotel atau ruang tamu rumah mewah. Pemiliknya tidak akan tersipu malu karena pandangan menghina atau meremehkan dari pencinta catur/kolektor sejati/pencinta keindahan. Atau rekan/relasi bisnis Anda yang mencintai permainan catur akan sangat menghargai hadiah dari Trinity ChessHouse yang Anda berikan.


Sebenarnya harga setiap perangkat catur Trinity ChessHouse sangat masuk akal. Begini penjelasannya teman:

1. Metode Pembobotan Buah Catur.
Perangkat Catur Trinity ChessHouse adalah perangkat Catur PERTAMA dan satu-satunya pada pasar pecinta catur di Indonesia yang telah melakukan pembobotan catur dengan sistem yang konsisten dan seimbang. Teknik pembobotan khusus ini memungkinkan kita untuk mencapai tingkat yang sama pada setiap jenis buah catur. Pada umumnya untuk menambah berat setiap buah catur para pembuat catur tradisional membolongi bagian bawah catur dengan bor. Kemudian timah cair panas mendidih dituangkan kedalam lubang yang ada sesuai dgn perkiraan. Biasanya perkiraan ini hampir tidak sama pada setiap buah caturnya. Kadang kita menjumpai bidak lebih berat daripada Gajah. Atau Benteng lebih berat daripada Raja/Menteri. Metode seperti ini selain tidak seimbang, juga sangat berbahaya karena membuat buah catur kayu menjadi matang dipanggang timah panas. Jika anda mencium perangkat buah catur yang anda mainkan baunya seperti barbekyu, kemungkinan metode ini yang dipakai. Kemungkinan lain yang akan terjadi karena tidak tidak ada ruang cadangan untuk pemuaian kayu adalah retakan halus/rambut pada buah catur. Retakan ini menunggu untuk menjadi lebih besar dan kemudian pecah seiring dgn bertambahnya waktu dan pemakaian. Maka tidak heran walaupun proses pengerjaan sangat singkat dan hemat biaya tapi usia perangkat catur dengan metode ini lebih pendek. Kami di Trinity ChessHouse menggunakan logam yang sudah diukur dan dibentuk, diberi rongga untuk cegah pemuaian lebih dahulu di luar sebelum memasukkannya ke dalam setiap buah catur. Sehingga tidak ada buah catur yang menjadi terpanggang karena logam cair. Teknik ini hampir menghilangkan kemungkinan retak rambut. Sistem ini juga menjadi mahal, karena waktu yg diperlukan untuk membentuk, mengisi dan menutup pemberat menjadi 3 kali lebih lama dibanding metode tuang.

2. Metode dan Bahan Finishing.
Kami menghindari menggunakan melamine dalam setiap buah catur yang kami buat. Memang menggunakan melamine (acid curing) dapat menghemat bahan baku dan waktu pengerjaan. Tapi efek lainnya adalah keindahan serat kayu dari buah catur akan tertutup. Buah catur akan terlihat seperti plastik. Padahal mayoritas buah catur kami terbuat dari one piece kayu sonokeling/ East Indian Rosewood (Dalbergia Latifolia) yang sangat indah (striking) urat kayunya. Selain itu cat melamine menimbulkan bau beracun yang sangat berbahaya bagi kesehatan pecatur. Di Amerika dan Eropa penggunaan cat melamine sudah dilarang. Masih ingat kan dengan kasus susu tercemar melamine di China? Saking merusak efek yang ditimbulkan oleh susu bermelamine Anda tahu apa yang dilakukan pemerintah China terhadap pelakunya.

Selain finishing dengan wax dan french polish untuk perangkat catur high-end, mayoritas catur entry grade dan medium grade kami difinishing menggunakan cat kayu water-based dan nitrocellulose (NC). Proses pengeringan melalui penguapan pengencer cat (solvent base). Setelah kering tidak ada lagi proses kimia yang terjadi. Untuk memperoleh permukaan yang mulus dibutuhkan 4-8 kali semprotan tipis-tipis NC. Sedangkan cat melamine hanya perlu 1-2 kali semprot. Proses pengeringan (curing) cat melamine dapat berlangsung selama berbulan-bulan atau tahunan. Selama proses curing tersebut racun berbahaya akan dilepaskan kepada lingkungan di sekitarnya. Waspadalah!

Pada perangkat catur medium grade dan high end dari Trinity ChessHouse, setiap dasar buah catur dilapisi dengan kulit asli (genuine leather pads) yang terbuat dari dari kulit sapi/domba. Jika Anda seorang aktivis penyayang binatang, jangan ragu dan silahkan memberitahu kami untuk mengganti kulit asli dengan green luxury cloth.

3. Kualitas Finishing dan 4 Menteri.
Setiap perangkat catur yg sudah difinishing, diseleksi ulang dan dipoles lagi dengan menggunakan mesin poles (buffing wheels) dan wax. Anda dapat meilhat kualitas tersebut pada pada setiap perangkat catur yang kami buat. Dan juga dengan membeli setiap perangkat catur kami Anda mendapat 4 menteri di luar kebiasaan cuma 2 Menteri. Permainan Anda menjadi lebih mudah dan mengasikkan waktu promosi, tidak perlu lagi menumpuk bidak di atas benteng untuk mengganti promosi Menteri.

4. Panduan Pemeliharaan.
Setiap jenis perangkat catur yang berbeda finishing memerlukan perawatan yang berbeda. Kami ingin setiap perangkat catur Trinity dapat diwariskan kepada generasi berikutnya. Maka setiap perangkat catur diperlengkapi dengan panduan pemeliharaan berbagai bahasa sesuai dengan negara dimana perangkat catur kami dipasarkan. Kami juga menyediakan Tanya jawab pemeliharaan melalui hotline number (jam kerja) dan e-mail (setiap saat).

5. Terakhir.
Saya yakin penjelasan terakhir ini akan membuat Anda tersenyum. Harga total perangkat catur Trinity ChessHouse jauh lebih murah dibandingkan perangkat catur yang ada di website catur terkenal di luar negeri. Silahkan Anda browsing nama-nama alternatif model dan spesifikasi seperti ini dan laporkan ke saya hasilnya. Produk ini kami jumlahnya terbatas. Ayo para pencinta catur, kolektor dan pencinta keindahan dimananpun Anda berada, yang pertama order yang akan dilayani lebih dulu. 


ORDER

Whats Apps: +62-877-8247-3169



Sebut nama model, jenis finishing, nama dan alamat kirim lengkap dan kota/lokasi pengiriman. Kami akan mengkonfirmasi jumlah total dan mengirimkan nomor rekening untuk Anda transfer. Begitu transfer dikonfirmasi, barang akan dikirim 1 hari kerja berikutnya.




0 comments:

Post a Comment

About Trinity ChessHouse Indonesia

About Trinity ChessHouse Indonesia

Jam Catur Standard FIDE dan PerCaSI